Monday, January 18, 2010

Imperium Spanyol

Top of Form

Imperium Spanyol ialah salah satu imperium terbesar dalam sejarah dan salah satu imperium global pertama.

Pada abad ke-15 dan 16, Spanyol adalah pusat eksplorasi global, ekspansi kolonial, dan pembukaan jalur perdagangan seberang lautan di Eropa, dengan perdagangan melintasi Samudera Atlantik antara Spanyol dan Amerika dan sepanjang Samudera Pasifik antara Asia-Pasifik dan Meksiko melalui Filipina. Paraconquistador menghancurkan peradaban Aztek, Maya, dan Inka, dan banyak mengambil tanah di Amerika Utara dan Selatan. Dalam suatu waktu, Imperium Spanyol mendominasi samudera dengan AL-nya yang berpengalaman dan menguasai Eropa dengan pasukan terlatihnya. Spanyol menikmati abad keemasanpada abad ke-16 dan 17.




Definisi

'Imperium Spanyol' umumnya berarti koloni seberang lautan Spanyol di Amerika, Pasifik, dan tempat lainnya. Namun tak jelas mana yang pastinya bagian Imperium Spanyol . Sebagai contoh, secara tradisional, wilayah seperti Negeri Rendah dimasukkan karena milik Raja Spanyol, diperintah oleh pejabat Spanyol, dan dipertahankan oleh pasukan Spanyol. Namun sejarawan Inggris Henry A. Kamen menulis bahwa wilayah-wilayah itu tak pernah menjadi bagian negara "Spanyol" dan alih-alih bekas bagian Habsburg yang lebih luas. Akibatnya, banyak sejarawan yang menggunakan istilah "Habsburg" dan "Spanish" saat membicarakan kerajaan Carlos I atau Felipe II. Hanya dari pandangan "Anglosakson" pandangan itu akurat, dengan segala akibatnya, bahwa Negeri Rendah adalah bagian Spanyol selama masa ini.

Portugal diduduki angkatan Spanyol dan dikuasai oleh penguasa yang sama dalam persatuan perseorangan, namun Portugal tetap menjadi negara terpisah. Imperium Portugis terus berkuasa dari Lisboa selama masa ini. Kemudian ada penguasaan gabungan Spanyol-Portugal selama beberapa waktu. Kedua negeri ini terkadang disebut Imperium Spanyol-Portugal, namun dua negeri itu bukan bagian dari 1 negara.


Pendirian imperium (1402–1521)

Pernikahan Fernando II dari Aragon dan Isabel I dari Kastilia) menciptakan persatuan perseorangan Aragon dan Kastilia.

Penyerahan penguasa Granada di hadapanPenguasa Katolik.

Pada tahun 1492, Spanyol menaklukkan penguasa terakhir di Granada. Setelah kemenangan itu, penguasa Spanyol mengizinkan Christopher Columbus mencoba mencapai India dengan berlayar ke barat. Columbus malahan "menemukan" Amerika. Inilah awal kolonisasi Spanyol di benua itu.

Christopher Columbus mengambil alih kepemilikan La EspaƱola.

Dengan Perjanjian Tordesillas pada tahun 1494, dunia dibagi menjadi 2 belahan antara Spanyol dan Portugal. Kemudian Spanyol berhak memulai koloni di semua Dunia Barudari Alaska ke Tanjung Harapan (kecualiBrazil), begitupun Asia. Kerajaan Kastilia adalah hasil ekspansi kolonial yang cepat ke Dunia Baru, begitupun Filipina dan koloni diAfrika: Melilla dicaplok oleh Kastilia pada tahun 1497 dan Oran in 1509.

[sunting]Hasil hingga sekarang

Peta negara di mana bahasa Spanyol sekarang dituturkan.

Bahasa Spanyol dan Gereja Katolik Roma dibawa ke Amerika dan Hindia Timur Spanyol(Negara Federasi Mikronesia, Guam, Kepulauan Mariana, Palau dan Filipina) oleh kolonisasi Spanyol yang bermula di abad ke-15. Bersama dengan Imperium Portugis, Imperium Spanyol meletakkan dasar bagi pembangunan perdagangan global dengan membuka jalur perdagangan lintas samudera besar. Hukum internasional modern berakar dari ekspansi koloni Spanyol dan juga pengalaman buruk akan imperialisme.

Bottom of Form

No comments:

Post a Comment